EDDY RUMPOKO

admin utama 14 Jul 2017 biografi

Nama Lengkap : Eddy Rumpoko

Alias : Rumpoko | Edy Rumpoko

Profesi : Birokrat

Agama : Islam

Tempat Lahir : Manado, Sulawesi Utara

Tanggal Lahir : Senin, 8 Agustus 1960

Zodiac : Leo

Hobby : Olahraga | Traveling | Binsis

 

Istri : Dewanti Rumpoko

 

Selama hampir 4 tahun menjabat sebagai walikota Batu kawasan wisata yang tersohor di daerah Jawa Timur, Eddy Rumpoko menorehkan tinta-tinta prestasinya dalam kancah dunia politik. Meskipun terlahir dari kota Manado, Sulawesi Utara peran Eddy cukup diacungi jempol.

 

Dalam kepemimpinannya pembangunan baik infrastruktur maupun non infrastruktur terus diperbaiki dan dikembangkan agar kota Batu menjadi lebih baik dan rakyatnya sejahtera.

 

Sebagai walikota dengan berlatar belakang seorang pengusaha, Pria yang pernah ikut serta pada acara Road Show OVJ di kota Malang dipandang cocok untuk membangun dan meningkatkan APBD kota Batu.

 

Dia memperhatikan potensi, peta ekonomi, geografis dan tipikal masyarakat kota Batu yang sebagian besar adalah masyarakat agro ekonomi. Jauh sebelum menjadi walikota Batu, Eddy sudah mempelajari sumber daya alam yang telah dimiliki, juga bagaimana keseharian masyarakat Batu.

 

Pria dengan dua orang anak ini memiliki cita-cita besar untuk menjadikan Batu sebagai sentra agro bisnis dan juga kota wisata terbaik di Jawa Timur. Tingkat pertumbuhan ekonomi dan bidang jasa adalah point utama dalam pembentukan APBD yang lebih berkembang.

 

Pembicaraannya dalam hal keberhasilan, Eddy memperhatikan tentang pola pergerakan politik yang berkembang di kota Batu. Dengan berkurangnya perampokan, pemerkosaan, dan tindakan kriminal lain menjadi indikator keamanan dan keberhasilannya.

 

Sangat disayangkan baginya, apabila kota yang memiliki tingkat keuangan daerah tinggi namun diiringi dengan perihal keamanan yang kurang dan kejahatan semakin meningkat. Oleh karena itu, perhatiannya tidak tertuju pada satu sektor saja tapi pada sektor-sektor lain yang mendukung.

 

Kesuksesannya yang lain adalah ketika para pendatang dari kota lain berkunjung dan menikmati wisata yang telah disediakan oleh kota Batu. Ketika setiap pengunjung yang hadir dan melepaskan kepenatan mereka di sana, maka sektor pendukung seperti jasa makanan, rekreasi dan lain-lain akan ikut bergerak. Jika semua sektor tersebut bergerak, maka hasil pertanian yang dimiliki akan habis di pasaran.

 

Walikota yang ingin menjadikan hasil olahan bumi dapat laku di pangsa pasar Jakarta ini pernah mendatangi jajaran PT INKA. Dia berkeinginan apabila setiap harinya beberapa sayuran masuk ke wilayah Jakarta, maka tingkat taraf kehidupan para petani di wilayah Batu akan ikut meningkat.

 

Namun karirnya sebagai walikota Batu juga memiliki suatu ganjalan saat merintis karier di dunia politik. Saat mengajukan diri sebagai calon walikota dulu, SMP Taman Siswa tempatnya menuntut ilmu tidak mengakui keberadaannya. Sementara terkait surat Kepala SMP Taman Siswa Ki Abdullah tertanggal 12 Juli 2012, yang menyatakan bahwa nama ER tidak ada di buku induk siswa, hakim berpendapat bahwa surat tersebut cacat hukum dan harusnya tidak pernah ada karena dibuat orang yang tidak berwenang. Hakim mencermati surat kepala SMP Taman Siswa Suherminah yang menyatakan bahwa ER benar-benar siswanya mulai tahun 1975 hingga 1977

 

Sementara terkait surat Kepala SMP Taman Siswa Ki Abdullah tertanggal 12 Juli 2012, yang menyatakan bahwa nama ER tidak ada di buku induk siswa, hakim berpendapat bahwa surat tersebut cacat hukum dan harusnya tidak pernah ada karena dibuat orang yang tidak berwenang.

 

Keberhasilan Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko selama dua periode memimpin Kota Batu berbuah manis.

 

ER, sapaan akrabnya berhak mendapatkan penghargaan Regional Marketeers Award 2016 (RMA 2016), bersama wali kota lainnya. Penghargaan diterima langsung Kepala Badan Kepegawaian Daerah Achmad Suparto, di Grand Ballrom Ritz Carlton, Kamis (8/12). Publisher Marketeers, Hermawan Kartajaya, dalam sambutannya menyebut, sebagai wali kota, ER memiliki dua hal menonjol.

 

Pertama, berani membuat city branding dengan Kpta Wisata Batu (KWB), sehingga potensi masyarakat seluruhnya mengarah pada wisata. Saat ini hampir 4 juta wosatawan berkunjung ke Kota Batu.

 

Kedua, Kota Batu merupakan daerah kecil tapi mampu menarik investasi luar biasa. Saat ini“Saat kami tanya kepada investor alasan berani berinvestasi di Kota Batu. Mereka percaya wali kotanya akan memberikan kemudahan dan tidak membebani hal-hal yang memberatkan sampai mereka bisa balik modal,” kata dia.

 

Kepala BKD, Achmad Suparto yang mewakili Pemkot Batu mengakui, KWB adalah kota kecil dan kota paling muda dibanding daerah lain.

 

Kota Batu hadir dan menjadi inspirator bagi Malang Raya, sehingga Bupati Malang, Rendra Kresna, Wali Kota Malang HM Anton dan Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko, mendapat predikat sama.

 

“Pak Wali dan pemimpin di Malang Raya mendapat predikat The Best Goverment Marketer dari Markplus inc,” ungkapnya.


  • biografi

Terkini