DIALOG INTERAKTIF RAJA SULAIMAN DAN RAJA SEMUT

admin utama 18 Sep 2018 opini

Sulaiman berdoa: Ya Rabb berilah aku kerajaan yang tidak Engkau berikan selain kepadaku setelahku".

*^^*
Sulaiman menyusur jalan hingga ketemu rumah semut dan mendengar perkataan Raja Semut kepada teman-nya: "Wahai para semut masuklah ke rumah kalian". Kemudian nabi Sulaiman mengucapkan salam yang dijawab pendek oleh Raja Semut dengan ta'dzim: 'Alaikum saalam wahai orang yang sibuk dengan kekuasaan. Demi Allah aku hanyalah seekor semut yang lemah aku mempunyai 40 ribu pengawal. Setiap pengawal mempunyai 40 baris. Setiap baris itu membentang antara timur dan barat".

Kenapa kalian pakai seragam hitam .. tanya Sulaiman penasaran. 'Sebab dunia adalah tempat mushibah dan hitam adalah pakaian orang-orang yang tertimpa mushibah, jawab Raja Semut. Apa artinya bangunan di tempat kalian, tanya Sulaiman. 'Itu adalah tempat pengabdian untuk beribadah", Bagaimana keadaan kalian yang menjauhi dari pada makhluk? 'Sebab mereka terlampau lalai, maka menjauhi mereka lebih utama" jawab Raja Semut.

Mengapa kalian telanjang ? tanya Sulaiman terus mengejar, 'Seperti inikah kami berada di dunia dan seperti ini pulalah kami akan keluar darinya .. jawab Raja Semut. Berapa banyak makanan yang ditelan dari masing-masing kalian, tanya Raja Sulaiman. 'Satu biji atau dua biji". jawab Raja Sejut. Mengapa ? tanya Sulaiman lagi. 'Sebab kami dalam perjalanan, seorang musafir apabila bawa-annya ringan maka akan ringan pula perjalanan nya .. jawab Raja Semut.

*^^*
Apakah engkau punya keinginan .. tanya Sulaiman. 'Engkau lemah dan aku tidak diperkenankan meminta kepada orang yang lemah .. jawab raja semut. Tetapi engkau harus meminta kepadaku, kejar Raja Sulaiman. Baiklah kalau begitu, tambahkanlah Rizky ku atau umur ku ! pinta Raja Semut bersemangat. Pintalah sesuatu yang aku punya dan mampu jawab Raja Sulaiman. Sesungguhnya penunaian kebutuhan berasal dari Allah swt jawab Raja Semut.

Siapa namamu tanya Sulaiman. Mundzirah (pemberi peringatan) karena saya selalu memberi peringatan kepada twman temanku yang dikalahkan dan lalai karena dunia".

*^^*
Kemudian giliran Raja Semut yang bertanya kepada Raja Sulaiman. 'Wahai Sulaiman apa yang menyenangkan hatimu dari kekuasaan kerajaan yang diberikan Allah kepadamu. ? 'Sebuah cincin karena ia berasal dari syurga' jawab Sulaiman, apakah engkau tahu maknanya tanya semut. 'Tidak' .. jawab Sulaiman. 'Maknanya adalah dunia yang engkau kuasai hanyalah seukuran cincin
yang kau kenakan di jari kelingkingmu, Apakah harta yang paling kau cintai tanya Raja Semut. Sulaiman menjawab: 'Sebuah alas dari surga yang aku bisa terbang di atas angin jawab Raja Sulaiman. "ini juga pertanda bahwa apapun yang ada padamu hanya seperti angin pada hari ini dan besuk tidak bersamamu ".

'Tapi perjalanan pada waktu pagi dengan alas setara sebulan dan perjalanan pada waktu sore dengan alas juga setara waktu sebulan .. ..'sergah raja Sulaiman. 'Itu adalah bukti bahwa umur mu sangat pendek dan engkau tergesa gesa melakukan perjalanan ', jawab Raja Semut.

'Engkau mengerti ucapan burung tanya Raja Sulaiman dengan bangga sedikit. 'Sibukkan dirimu dengan bermunajat kepada Allah .jangan sering berbicara dengan yang lain .. ' nasehat Raja Semut kepada Raja Sulaiman karibnya agar tak terlena dengan berbagai kelebihan yang Allah karuniakan.

'Jin dan manusia mengabdi kepadaku .. ' jawab Raja Sulaiman tak mau kalah. 'Itu tandanya engkau membuat sibuk makhluk dengan mengabdi kepadamu maka sibukkan dirimu dengan mengabdi kepada Allah", jawab Raja Semut.

'Aku senang dengan cincin ini sebab tertulis nama Allah' kata Raja Sulaiman bangga. 'Bergembiralah dengan sesuatu yang di namai, bukan nama! Jawab Raja Semut. 
Wallahu a'lam

@nurbaniyusuf
Komunitas Padhang Makhsyar

ilustrasi: http://beritapagi-satu.blogspot.com/2017/05/


  • opini

Terkini