BKKBN Dan UB Gelar Konferensi Internasional Bahas Masalah Populasi Dan Kesehatan Asia Tenggara

Prisca 09 Nov 2018 sosial

Kota Wisata Batu-Permasalahan kependudukan ternyata tidak hanya terjadi di Indonesia saja. Masalah kependudukan juga dialami oleh sebagian besar negara di dunia namun yang lebih banyak dan kompleks terjadi di kawasan Asia. Atas dasar itulah Badan Kependudukan Dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) bersama Universitas Brawijaya Malang  menggelar konferensi international “First South East Asia Biennial Conference On Population And Health”.          

Konferensi ini sendiri diikuti perwakilan peserta dari 11 negara Asia Tenggara, mulai dari Indonesia, Malaysia, Singapura, Filiphina, Vietnam Timor Leste, Laos, Kamboja, Myanmar, Brunei dan Thailand.

 

Rektor Universitas Brawijaya Prof Nuhfil Hanani Ar mengatakan “dalam konferensi ini membahas isu-isu terkait kependudukan dan kesehatan termasuk di dalamnya isu mengenai ekonomi, penyakit dan fertilitas, migrasi, serta keanekaragaman penduduk. Diharapkan lewat forum ini bisa dapat menciptakan solusi mengenai kependudukan dan kesehatan di Indonesia dan Asia Tenggara.”          

Konferensi ini diharapkan dapat menjadi sarana bagi para peneliti demografi dan kesehatan di Asia tenggara untuk dapat mendiskusikan permasalahan serta tantangan di masa mendatang dan bersama-sama bekerja untuk menemukan solusi bagi kondisi kependudukan dan kesehatan di Asia Tenggara.          

Sementara itu Wakil Gubernur Jawa Timur Syaifullah Yusuf menambahkan “permasalahan penduduk terjadi dimana-mana, untuk itu kepedulian akademisi terhadap masalah ini patut diapresiasi, terutama dalam mencari ide, gagasan atau sistem untuk mengatasi peramasalahan penduduk sehingga bisa diterapkan oleh pemerintah untuk menjadikan masyarakat sebagai penduduk yang sehat dan sejahtera, konferensi ini sendiri akan digelar selama dua hari di Singhasari Resort Kota Wisata Batu.”

Ary Punka Aji / Prisca ATV


  • #kependudukan

Terkini