Bumiaji Gelar Karnaval HUT Kemerdekaan ke 72 Tahun RI

admin utama 31 Aug 2017 sosial

Kota Batu, Seluruh elemen masyarakat Desa Bumiaji meluapkan rasa syukur dan kegembiraanya dalam peringatan hut kemerdekaan ke 72 tahun, yang diwujudkan dalam karnaval pembangunan. 12 Rukun Warga (RW) dari 4 dusun di Desa Bumiaji, menyambut cukup antusias even yang diselenggarana 2 tahun sekali dalam peringatan hut kemerdekaan ini.

 

Warga menampilkan beragam kreatifitasnya masing-masing untuk menunjukan rasa simpati akan keikutansertaanya dalam mengisi Kemerdekaan Bangsa Indonesia, khususny dalam pembangunan Desa Bumiaji.

 

Lihat saja tampilan mobil hias dengan beragam tema, yang menggambarkan akan kondisi yang terjadi saat ini, baik berskala daerah maupun nasional. ada pula yang menampilkan tema perjuangan dengan segala atribut dan drama kolosal yang ditampilkan secara singkat di depan panggung kehormatan.

 

Bagi warga berpartisipasi dalam memeriahkan peringatan hut kemerdekaan merupakan sebuah manivestasi dari sebuah ungkapan bahwa sebagai generasi penerus, sudah selayaknya mereka harus berpartisipasi dalam pengabdian kepada desanya, sesuai dengan kemampuan masing-masing.

 

Oleh karena itu, sebesar apapun pengorbanan baik berupa materi atau tenaga, tidak ada satu pun dari warga Bumiaji untuk meminta imbalan dalam bentuk apapun. Padahal untuk membuat mobil hias yang akan ditampilkan, memerlukan biaya dan tenaga yang besar.  Namun  dengan semangat gotong-royong dan kebersamaan tak ada yang tak mungkin terwujud.

 

Layaknya sebuah pesta, tak akan ada kemeriahan jika tak menampilkan beberapa atraksi kesenian dan kebudayaan dalam gelaran karnaval pembangun peringatan hut kemerdekaan ke 72 Tahun Republik Indonesia di Desa Bumiaji. Selain untuk memeriahkan, atraksi kesenian dan kebudayaan ini, juga menjadi sarana untuk menarik dan menghibur warga.

 

Lihat saja keunikan dari penampilan kontingen joget, atau marching band, dan kesenian leyang leong atau perkusi, yang mengundang tawa bagi siapapun yang menyaksikannya. Meski peserta karnaval ini, merasakan keletihan yang  cukup besar, setelah lamanya menunggu giliran dan berjalan menyusuri jalan desa, namun semua terbayarkan sesaat setelah mereka melewati panggung kehormatan. Rasa pengabdian, seakan terbayarkan saat dipanggung kehormatan, kepala desa menerima secara simbolik persembahan warga, dengan beragam penampilan dan bentuk.

 

Senyum bahagia dari kepala desa, merupakan simbol akan luapan perasaan bangga dan bahagia akan pengabdian-pengorbanan yang telah ditunjukkan warga Desa Bumiaji, dalam menyukseskan hajat desa. Kepala desa pun dalam sambutannya senantiasa mengungkapkan rasa terima kasih yang tak terhingga untuk seluruh partisipasi warga, karena pemerintah desa dipastikan tak akan mampu membalas besarnya pengabaian dan pengorbanan warga.

 

Hanya sebuah harapan dari momentum peringatan hari ulang tahun kemerdekaan ini, agar warga senantiasa menjaga keguyub-rukunan dan semangat gotong royong demi membangun kejayaan Desa Bumiaji. Seperti semboyan yang selama ini didengungkan yakni Guyub Rukun Seduluran Amazing Bumiaji. (Samsul Arif)


  • sosial

Terkini