Cuaca Buruk Ikan Laut Di Pasaran Langka

Karmila Cahyani 08 Jan 2019 sosial

Kota Wisata Batu - Dampak cuaca buruk dan gelombang tinggi terus dirasakan para penjual ikan disejumlah daerah di tanah air. Banyaknya Nelayan yang tidak melaut akibat terjadinya gelombang tinggi menyebabkan kelangkaan pasokan ikan laut ke sejumlah daerah.

Seperti yang terjadi di pasar tradisional Kota Batu. Tampak terlihat para penjual ikan hanya menyediakan beberapa ikan laut seperti tengiri, dorang, udang, kerang dan cumi dengan stok terbatas dan harga yang tinggi.

Tak hanya itu, adanya kondisi ini juga berdampak pada harga ikan air tawar yang kini naik hingga 30 persen, akibat permintaan ikan air tawar meningkat lantaran para konsumen menjadikan ikan air tawar sebagai alternatif. Seperti ikan nila dan gurami, yang sebelumnya seharga 30 ribu, kini 40 hingga 45 ribu per kilogramnya. Sedangkan untuk komoditi ikan tawar lainnya rata-rata juga mengalami kenaikan 5-8 ribu rupiah perkilo.

Menurut salah satu pedagang ikan, Suto menjelaskan ikan laut sendiri saat ini sangat sedikit stoknya, bahkan dalam seminggu hanya satu kali mendapat kiriman. Dan kondisi tersebut, sudah dirasakan para pedagang sejak 3 minggu lalu. 

Meski ikan tawar mengalami kenaikan harga, namun para penjual tetap menambah stok ikan tawar sebagai alternatif untuk menggantikan beberapa jenis ikan laut yang kosong.

 

 

Ary Punka Aji/Karmila ATV


  • #ikan #laut #langka

Terkini