Dosen Harus Berani Lakukan Riset Di Alam Bebas

NOVITA RAHMA DINI 06 Dec 2018 sosial

Kota Malang - Memasuki ahir tahun, directorat kemahasiswaan directorat jendral pembelajaran dan kemahasiswaan kementrian riset ,tecnologi , dan pendidikan tinggi, gelar sosialisasi kegiatan subdit penalaran dan kreativitas. Sosialisai tersebut di tujukan kepada para dosenperwakilan perguruan tinggi seindonesia dan berlangsung di DOM UMM. Sosialisasi sehari tersebut juga menghadirkan beberapa pemateri berkopeten sebagai motivator bagi para dosen   untuk bisa menjadi dosen pengajar yang lebih berkwalitas dengan karyanya melalui riset yang di hasilkan.

      Salah satu pakar yang juga pemateri Prof Dr Sundani Nurono Suwandy dari ITB menegaskan. Untuk menjadi dosen yang berkwalitas, wajib bagi dosen untuk menggali potensi yang bisa di gali dari  alam dengan melakukan riset atau penelitian.

Teori saja tidak cukup jika tidak di tunjang dengan kemampuan dengan melakukan penelitian, memecahkan persoalan yang ada di alam. Sayangnya sebagian dosen saat ini lebih suka di dalam kampus ketimbang memecahkan masalah di lingkungan masyarakat.

Sementaradirektur kemahasiswaan Ditjen Belmawa Kemenristekdikti Dr Didin Wahidin mengatakan, “perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) sangat cepat, penyiapan sumber daya manusia yang berkualitas harus mengikuti kemajuan iptek”.

 Terkait hal tersebut, direktorat kemahasiswaan, direktorat jenderal pembelajaran dan kemahasiswaan, kemenristekdikti  melakukan sosialisasi peningkatan kemampuan kreativitas mahasiswa (pkm) 5 bidang tahun 2018 .

Di harapkan dari kegiatan ini inputnya  bisa menciptakan dosen dosen yang berkwalitas dan mampu menularkan ilmunya kemahasiswa  khususnya melalui pkm 5 bidang.

 

 

Saiful Akbar/Rahma ATV


  • Pendidikan

Terkini