Gedung Kesenian Kota Batu Butuh Perbaikan

Prisca 07 Nov 2018 sosial

Kota Batu-Inilah kondisi terkini Gedung Kesenian Mbatu Aji Kota Batu. Sudah berusia delapan tahun, kondisi gedung ini mulai mengalami kerusakan. Akibat genteng yang jebol, kini sejumlah plafon juga ikut jebol dan berjamur.

Akibatnya, saat hujan turun, air hujan langsung masuk dalam ruangan gedung. Padahal gedung indoor ini sebelumnya masih kerap digunakan latihan oleh para seniman local. Tapi kini sudah tidak lagi.

Mereka takut jika sewaktu-waktu atap gedung ambruk saat terjadi hujan deras. Akibatnya, seperangkat alat musik gamelan bernilai ratusan juta rupiah yang biasanya digunakan latihan, kini ikut mangkrak.

Kondisi yang memprihatikan ini cukup disayangkan oleh para seniman. Salah satunya oleh Ketua Umum Paguyuban Sanduk Malangraya yang juga merupakan anggota DPRD Kota Batu, Katarina Dian. Menurutnya, “kondisi gedung kesenian Kota Batu sangat memprihatinkan. Bahkan tidak layak lagi digunakan untuk sebuah pertunjukan indoor. Untuk itu pihaknya berharap dinas terkait bisa segera memperbaikinya.”

Apalagi dari Gedung Kesenian Mbatu Aji ini, seni budaya di Kota Batu bisa menggeliat lagi. Bahkan sejumlah festival yang berlangsung di desa-desa di seluruh Kota Batu, juga berawal dari gedung kesenian ini.

Sementara itu Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Imam Suryono, mengaku akan segera melakukan koordinasi dengan dinas terkait agar segera ada upaya perbaikan yang dilakukan. Kemungkinan terbesar, biaya perbaikan bakal dialokasikan melalui PAK tahun 2018 ini. Mengingat, bila tidak segera direnovasi, gedung ini bisa sangat berbahaya karena kondisinya sudah tidak layak pakai. 

Akibat kondisinya yang sudah tidak layak pula, kegiatan Festival Sanduk 2018 terpaksa digelar di luar ruangan (outdoor). Peserta dan penonton pun harus rela berpanas-panasan.

Hasan Syamsuri / Prisca ATV


  • #gedung #kesenian #butuh #perbaikan

Terkini