Gelar Operasi Zebra Gabungan Langsung Dilakukan Sidang Di Tempat

Prisca 09 Nov 2018 sosial

Kabupaten Malang-Seperti inilah Operasi Zebra Semeru yang dilaksanakan di pertigaan Jalibar Kepanjen, Kabupaten Malang dengan melibatkan petugas gabungan dari Satlantas Polres Malang, PN dan Kejari Kepanjen, Dishub, Den Pom dan Dispenda.

Pelaksanaan razia yang dilaksanakan selama dua jam sejak pukul 9 hingga 11 siang, petugas banyak menjaring pelanggar lalu lintas darikalangan anak dibawah umur yang tidak memiliki surat-surat berkendara. Dalam Operasi Zebra Semeru yang menyasar pada pelanggaran tidak mengenakan helm saat berkendara, tidak memakai seat belt, kecepatan melampaui batas, melanggar rambu dan marka, serta tidak memiliki surat berkendara membuat seluruh pengendara yang melintas dihentikan petugas.

Alhasil, banyak pelanggar yang terjaring dalam razia kali ini, dan didominasi pelanggar anak dibawah umur yang tetap dilakukan penilangan dan melakukan sidang ditempat atas pelanggaran yang diperbuat. Razia gabungan sendiri, tugas Dishub memeriksa surat berkendara angkutan barang, Den Pom memeriksa surat-surat kepada anggota TNI serta Dispenda memeriksa pajak kendaraan yang dilanggar oleh pengendara dan langsung menyediakan kendaraan guna membayar pajak tahunan bagi pelanggar pajak.

Dalam sidang di tempat, hakim dan jaksa dari Pengadilan Negeri Kepanjen dan Kejari Kepanjen juga langsung menyidangkan pelanggar dan langsung membayar denda tilang menurut pelanggaran yang dilakukan mereka.

Menurut Ipda Ahmad Taufik, Kanit Turjawali Satlantas Polres Malang, “bahwa razia zebra semeru dilakukan gabungan dari satlantas, PN Kepanjen, Kejari Kepanjen, dishub, denpom dan menitik beratkan pelanggaran tidak memakai helm, seat belt, melanggar marka jalan, melampaui kecepatan serta tidak memiliki sutar kendaraan dan banyak didominasi pelanggar anak dibawah umur yang tetap dilakukan penilangan dan sidang di tempat.”

Ipda Taufik menambahkan, “dalam operasi zebra semeru 2018, pelaksanaan dilakukan selama dua jam dan ratusan pengendara baik roda dua dan empat terkena tilang dan melakukan sidang di tempat atas pelanggaran yang dilakukan”

Huda Prastoto / Prisca ATV


  • #operasi #zebra #semeru #2018

Terkini