KH. Makruf Amin Dituduh PKI Dan Antek Aseng GP Ansor Lapor Polisi

Nurul Istiqomah 08 Jan 2019 sosial

           Kab Malang - Dibawah koordinasi Ketua Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Malang, organisasi pemuda ini melaporkan oknum Ustad, yang belakangan diketahui bernama Sak Dullah, ke Polres Malang, pada Sabtu siang. Terkait hal tersebut, diduga oknum Ustad yang menjadi terlapor, diduga melakukan ujaran kebencian saat mengisi acara pengajian di Desa Kidal, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, Jawa Timur, pada 30 September 2018 lalu.

          Ujaran kebencian tersebut, ditujukan kepada Kyai Ma’ruf Amin, dan anggota Banser, yang menyebut sebagai antek Cina, orang Kafir dan berafiliasi dengan PKI. Dari ceramah Agama yang berbau ujaran kebencian tersebut, pihak gerakan pemuda ansor merasa terhina dan dirugikan.

          Beberapa hal tersebut yang disampaikan oleh Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Malang,ketuanya Khusnul Hakim Syadad, usai menyerahkan sejumlah bukti-bukti laporan ke pihak Polres Malang. Selain saksi, bukti lain seperti rekaman video pengajian, dilimpahkan ke jajaran Reskrim Polres Malang.

          Alasan laporan ini baru dilakukan, karena video tersebut baru viral dalam beberapa hari ini di media social, dan sebelumnya pihak Gerakan Pemuda Ansor tidak tahu jika ada pengajian berbau uajran kebencian tersebut. Dan meski sehari sebelum laporan ini dilayangkan dari pihak oknum Ustad meminta maaf, namun proses hukum tetap berjalan.

          Sementara itu kepala satuan Reserse Kriminala Polres Malang, AKP Adrian Wimbarda, mengatakan, “Pihaknya masih akan melakukan gelar perkara secara internal, dan akan memanggil saksi ahli bahasa, nanum, laporan gp Ansor Kabupaten Malang sudah diterima oleh pihak kepolisian.”

          Secara pribadi, Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Malang, memang sudah memaafkan oknum Ustad dari Pasuruan tersebut, namun sebagai pembelajaran dan agar tidak terulang lagi, proses hukum tetap harus dijalankan. Sementara itu, jajaran Reskrim Polres Malang, sejauh ini masih mendalami laporan yang masuk, dan belum bisa memastikan apakah ada unsur ujaran kebencian atau yang lain.

          Dalam pelaporan ke Polres Malang tersebut. Turut hadir juga ketua TKD Jokowi - Amin Kabupaten Malang, Darmadi, dan anggota Biro Infokom Satkorwil Banser Jawa Timur Zulham A Mubarok. Selain itu sejumlah Kader dari Ansor, Banser dan NU juga turut hadir dalam pelaporan ke Mapolres Malang tersebut.                        

 

Huda Prasatoto/ Nurul ATV

 


  • #dugaan #ujaran #kebencian

Terkini