Kemenlu Ri Kampanyekan Migrasi Aman Bagi Pmi

NOVITA RAHMA DINI 05 Dec 2018 sosial

Kota Malang - Jawa Timur menjadi penyumbang tertinggi tenaga migran di Indonesia dengan angka mencapai 53.525 Pekerja Migran Indonesia (PMI) selama periode Januari hingga Oktober 2018. Sementara Malang termasuk dalam 20 besar Kabupaten dan Kota asal PMI.

   Dalan gegiatan konsultasi publik perlindungan dan promosi hak-hak pekerja di Asean di Auditorium Bau, Universitas Muhammadiyah Malang,  direktur kerjasama sosial budaya Asean kementerian luar Negeri Republik Indonesia (KEMLU RI) Riaz Januar Putra Saehu menegaskan, tingginya minat masyarakat Indonesia untuk bekerja di luar negeri  memotivasi pemerintah untuk memberikan layanan kepada PMI dan meluncurkan kampanye mengenai migrasi yang aman.

    Pemerintahpun  juga telah merencanakan kegiatan akses pendidikan bagi anak-anak pekerja migran dan orientasi pra-keberangkatan sebagai bagian dari pelayanan kepada PMI.

Riaz menambahkan, upaya perlindungan serta promosi kepada pmi akan terus digencarkan di Indonesia khususnya ditataran regional melalui negosiasi perangkat hokum. Salah satunya yakni telah disepakatinya asean konsensus tentang kemajuan dan perlindungan Pekerja Migran di Asean.

 

Rencana aksi juga akan diselenggarakan di negara-negara asean yang mengarah kepada World Plan dan Action Plan. Misalnya, Indonesia mengajukan training kepada tenaga migran supaya mereka lebih siap melaksanakan tugas.

 

 

 Saiful Akbar/Rahma ATV


  • Pendidikan

Terkini