Mahasiswa UMM Gagas Kampung Puring Warna warni

admin utama 15 Aug 2017 sosial

 Mahasiswa kuliah kerja nyata Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Kelompok 151  gagas Kampung Puring Warna warni di Dusun Niwen RW 07 Desa Sidorahayu Kabupaten Malang.

Meskipun baru di mulai rencanaya Kampung Puring Warna warni tersebut akan menjadi salah satu destinasi  tujuan wisata sekaligus untuk meningkatkan pemberdayaan warga  Dusun Niwen yg notabene kawasan pinggiran di Kabupaten Malang.


Peresmian Kampung Puring Warna-warni di buka langsung  oleh Camat  Wagir Drs. Mardiyanto dan disaksikan  oleh Kepala Desa, RT, RW serta warga sekitar termasuk ibu ibu PKK.

Penggagas Kampung Puring Warna-warni yg merupakan peserta KKN 151 UMM, Nadia Qurrantain menjelaskan  konsep Kampung Puring Warna-warni di pilih mengingat selama ini tanamam jenis puring masih dianggap sebelah mata  oleh sebagian  besar masyrakat luas. Pasalnya tanaman puring banyak tumbuh di pemakaman.

“Padahal kalau di teliti dan diamati, tanaman puring memilili keindahan tersendiri baik dari bentuk serta warna yg bervariasi” jelasnya.


Disisi lain tanaman puring memiliki manfaat sebagai penyaring udara kotor baik yg di sebabkan asap kendaraan, asap pabrik ataupun polusi lainya.  Tidak hanya itu, tanaman  jenis puring dari segi kesehatan bisa dijadikan ramuan obat untuk menyembuhkan penyakit cacingan, melancarkan peredaran darah, mengobati sakit perut mulas dan penyakitainya.

Lebih lanjut Nadia menjelaskan selain akan menjadikan Kampung Warna-warni disetiap lahan masuk Dusun Niwen akan ditanami berbagai jenis tamanam puring. Penambahan spot selfie dengan latar belakang yang menarik  juga akan di buat  untuk menarik para pengunjung yang dating.

Kedepan diharapkan Kampung Puring Warna-warni  akan menjadi satu satunya dusun pusat budidaya tanaman puring  yang tentunya warga sekitar akan memetik hasilnya dengan menjual tanaman puring kepada pengunjung yang dating. (Saiful akbar)


  • sosial

Terkini