Motivasi Semangat, SLBN Gelar Outbound Bagi Orang Tua Wali Murid

Prisca 06 Nov 2018 sosial

Kota Wisata Batu-Tak seperti biasanya, halaman Sekolah Luar Biasa Negeri Kota Batu Sabtu pagi tak lagi dipenuhi oleh siswa sekolah namun malah dipenuhi oleh orang tua wali murid. Bukan untuk berdemo melainkan untuk mengikuti kegiatan outbond parenting yang di gelar oleh pihak sekolah.         

Kegiatan yang bertujuan untuk menumbuhkan jalinan silaturrahim dan kerja sama antara sesama orang tua, wali murid dan Sekolah Luar Biasa dalam mendidik anak berkebutuhan khusus. Terutama untuk lebih memberi semangat orang tua wali murid dalam mengantar sekolah dan mendidik anaknya ini diikuti ratusan orang tua, wali murid SLB Negeri Kota Batu.         

Kepala Sekolah SLB Negeri Kota Batu Siti Muawana Mariam “mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan sebelumnya yakni seminar parenting. Dalam kegiatan outbound ini orang tua, wali murid sengaja diajak bermain dan bergembira bersama. Agar orang tua wali murid memiliki energi lebih untuk terus bersemagat mendidik anak mereka dan tidak menyerah dengan kondisi anak mereka yang memiliki keterbatasan.”

           

Bukan sekedar permainan belaka, namun seluruh permainan yang di gelar mulai dari jembatan kepercayaan, dimana salah satu orang tua walisiswa harus menjatuhkan badan mereka untuk ditangkap oleh anggota timnya.

 

Pipa berlobang dimana anggota tim harus bekerjasama untuk mengeluarkan bola dengan air lewat pipa yang berlobang. Buldoser, mewajibkan kekompakan anggota untuk berjalan di bawah terpal melingkar. Titian tepung dan juga mecari bola. Seluruh permainan sengaja dipilih untuk melatih daya ingat, tanggung jawab dan kekompakan, serta membangun kerjasama dan komunikasi antara orang tua, wali murid. Sehingga orang tua akan mampu menciptakan cara khusus untuk berkomunikasi dan mendidik anaknya.          

Meski cukup melelahkan dan harus basah serta kotor, namun kegiatan ini cukup dinikmati oleh orangtua wali murid, karena sejenak mereka bisa bergembira bersama orang tua wali murid lainnya dan melepas kepenatan mereka. Dan yang terpenting mereka memiliki semangat berlipat untuk terus memotivasi anak-anak berkebutuhan khusus mereka untuk terus bersekolah dan meraih pendidikan untuk mewujudkan cita-cita mereka.

Ary Punka Aji / Prisca ATV


  • #pendidikan

Terkini