Pasokan Berkurang Harga Sayur Naik

Nurul Istiqomah 07 Jan 2019 sosial

Kota Batu - Bagi petani musim penghujan menjadi salah satu kendala tersendiri khusunya dalam hal perawatan. Selain biaya perawatan bertambah khusunya untuk obat maupun pupuk, tidak jarang saat musim penghujan  sebagian tanaman menjadi rusak baik itu terkena hama maupun cacar daun.

Dampaknya selain produksi menurun, otomatis pasokan ke pedagang juga menurun. Di sisi lain menurunya produksi  sayuran, juga merdampak pada kenaikan harga sayur. Hal tersebut seperti yang terjadi pada jenis sayur salat, andewi, seledi serta bebrapa jenis sayuran lainya.

Andewi misalnya, sempat beberapa pekan  lalu hanya mampu di jual 500 Perak  perkilonya, namun pada musim penghujan saat ini harga salat bisa mencapai 10 Ribu perkilo dari petani. Begitu juga dengan harga seledri yang saat ini berkisar 8000 sampai 10 Ribu perkilonya.

Nur Ali salah satu petani sayur mengaku, sangat lega dengan kenaikan harga sayur, meski produksi menurun, namun dengan harga yang tinggi, menurunya masih bisa menutupi biaya tanam dan mendapatkan hasil jual.

 

Saiful Akbar/ Nurul ATV


  • pertanian

Terkini