Pertanian Bunga Pikok Makin Diminati

admin utama 09 Aug 2017 sosial

Kota Batu, Warnanya yang sangat eye catching, membuat bunga dengan kelopak bunga berukuran kecil ini mudah dikenali. Yaa… inilah Bunga Pikok, bunga hias yang kini semakin diminati oleh petani bunga di Kota Batu.

Bunga Pikok memiliki banyak varian mulai dari yang berwarna ungu, biru, merah muda hingga putih. Belum cukup lama dikembangkan di wilayah Kota Batu, namun Bunga Pikok kini mulai mendapat tempat di hati para petani.Tak heran jika Bunga Pikok kini sangat mudah dijumpai di sejumlah desa di Kota Batu, khususnya di wilayah Kecamatan Bumiaji.

Petani suka menanam Bunga Pikok karena bunga yang memiliki masa tanam selama empat bulan ini, tidak mengenal musim.Bunga Pikok bisa ditanam kapan saja, sehingga bisa tersedia sepanjang tahun.

Selain itu keberadaan bunga ini juga selalu dibutuhkan, karena Bunga Pikok merupakan unga pelengkap untuk berbagai kebutuhan. Bunga pikok sering digunakan sebagai bunga pelengkap untuk hiasan atau dekorasi pelaminan pengantin dan dekorasi ruangan. Selain itu Bunga Pikok juga kerap dipakai sebagai bunga pelengkap dalam pembuatan buket dan bunga papan.

Satu hal lagi yang paling penting bagi petani, harga Bunga Pikok cenderung lebih stabil karena selalu dibutuhkan masyarakat. Bunga pikok biasa dijual seharga 20 Ribu Rupiah per ikat yang berisi 30 batang. Pangsa pasarnya di Malang, Surabaya, Bali dan Jakarta.


  • sosial

Terkini