Puluhan Aliansi Peduli Cagar Alam Tolak Bksda Jadikan Blok-Blok Didalam Pulau Sempu Yang Menjadi Cagar Alam

Karmila Cahyani 05 Dec 2018 sosial

Kab Malang  - Beginilah puluhan massa yang mengatas namakan aliansi peduli cagar alam yang menggeruduk rumah makan Bojana Puri yang ada di Kecamatan Kepanjen pada Senin siang.

Mereka bukanlah hendak mendatangi tasyakuran atau acara makan-makan, melainkan menolak rapat yang diadakan pihak BKSDA Jatim tentang pembahasan pembangunan blok-blok yang akan dibangun didalam Cagar Alam Pulau Sempu.

Pulau Sempu yang berada di Pantai Wisata Sendangbiru, Kecamatan Sumbermanjing Wetan memang kerap dikunjungi wisatawan untuk berpetualang karena keasriannya dan masih banyaknya binatang buas didalam.

Bahkan, mereka kerap mengunjungi Segoro Anakan yang indah dan mampu membius setiap pengunjung yang memasuki Pulau Sempu, tanpa menyadari telah merusak ekosistem yang ada didalam.

Untuk itu, pihak BKSDA Jatim melalui Kepala Bidang KSDA wilayah iii menggelar forum yang diletakkan di Rumah Makan Bojana Puri hingga mengundang Aliansi Peduli Cagar Alam untuk memprotes pembangunan blok yang dianggap akan merusak Cagar Alam.

Dengan dikawal anggota Sabhara POLRES Malang dan anggota POLSEK Kepanjen, mereka terus meneriakkan protes untuk tidak membangun dikawasan Cagar Alam, dan bisa menyalahi Undang-Undang terkait Cagar Alam.

Menurut Setyo Utomo, KABID KSDA wilayah iii menjelaskan, bahwa pihak BKSDA akan tetap melakukan pembangunan berdasarkan Undang-Undang Cagar Alam, yang akan didirikan 2 bangunan dengan blok Konservasi Dan Rehabilitasi, lantaran banyak tanaman-tanaman yang mati akibat diinjak-injak pengunjung agar bisa direhabilitasi dan kembali seperti semula, serta akan mengembalikan Pulau Sempu sebagai Cagar Alam seperti sebelumnya.

 

Diharapkan para pengunjuk rasa yang mengatas namakan Aliansi Peduli Cagar Alam mengerti maksud dan tujuan BKSDA untuk mengembalian keasrian Pulau Sempu seperti sebelumnya.

 

Huda Praastoto/Karmla ATV


  • #aliansi peduli cagaralam

Terkini