Ratusan Penari Sanduk Menari Bersama Di Festival Sanduk 2018

Prisca 07 Nov 2018 sosial

Seperti inilah kemeriahan suasana saat berlangsungnya Festival Sanduk 2018, yang berlangsung di panggung outdoor Gedung Kesenian Mbatu Aji Desa Oro-Oro Ombo Kota Batu, Selasa pagi. Ratusan penari sanduk bergoyang bersama, sebagai penanda dimulainya Festival Sanduk 2018. Festival Sanduk kali ini merupakan yang kali ketiga digelar di Kota Batu. Awalnya, festival ini digelar pada 2015 lalu.

Sama seperti festival-festival sebelumnya, Festival Sanduk kali ini pun juga belangsung meriah. Terdapat 23 grup sanduk di Kota Batu yang ikut meramaikan festival yang akan berlangsung selama dua hari ini. Di gelar oleh Dinas Pariwisata Kota Batu yang bekerja sama dengan paguyuban Sanduk Kota Batu, festival kali ini merupakan rangkaian kegiatan untuk memeriahkan HUT ke-17 Kota Batu.

Namun satu hal yang tak kalah pentingnya adalah festival ini merupakan salah satu upaya Pemkot Batu dan para seniman sanduk, untuk mengangkat sekaligus melestarikan kesenian sanduk di Kota Batu. Meskipun bukan kesenian yang lahir di Kota Batu, namun seni sanduk kini sudah sangat berkembang di Kota Batu. Bahkan seni sanduk kini telah menjadi salah satu ikon kesenian di penghasil apel ini.

Sementara itu menurut Ketua Umum Paguyuban Sanduk Malangraya, Katarina Dian, “seni sanduk di Malangraya khususnya di Kota Batu seakan sudah mendarah daging. Bahkan tak ada satu pun desa dan kelurahan di Kota Batu yang tidak memiliki grup seni sanduk. Dirintis sejak 12 tahun lalu, kini anggota seni sanduk sudah mencapai 7.148 orang.”

Selain untuk melestarikan seni budaya, diharapkan Festival Sanduk ini juga bisa menjadi ajang untuk mempererat tali silaturahmi antar kelompok sanduk sehingga bisa semakin kompak. Harapannya seni sanduk bisa terus eksis. Apalagi sanduk ini memang tidak pernah bisa lepas dari setiap kegiatan massal seperti karnaval, bersih desa dan lain sebagainya.

Hasan Syamsuri / Prisca ATV


  • #festival #sanduk #2018

Terkini