Ribuan Pelajar Baca Buku Bersama Sambil Pakai Caping

Prisca 09 Nov 2018 sosial

Kota Batu-Seperti inilah aksi ribuan pelajar di Kota Batu, saat melakukan kegiatan membaca buku bersama. Aksi ini dilakukan di halaman Balaikota Batu, Kamis pagi. Mereka ini tak lain adalah para siswa dari semua jenjang pendidikan, mulai dari SD, SMP hingga SMA sederajat. Buku yang dibaca beragam, mulai dari buku pelajaran hingga buku cerita bergambar.

Selain untuk memeriahkan kegiatan Gebyar Literasi 2018, aksi ini juga dalam rangka mendukung pencanangan Kota Batu sebagai kota literasi oleh pemerintah Kota Batu.

Uniknya, dalam aksi ini seluruh pelajar mengenakan caping atau sejenis penutup kepala yang biasa digunakan oleh para petani saat bekerja di sawah. Agar terlihat unik dan menarik, semua caping tersebut dihias. Baik dengan aneka tulisan maupun gambar-gambar yang berisi ajakan untuk rajin membaca. Ini sekaligus sebagai bentuk kampanye untuk mengajak masyarakat lebih gemar membaca buku.

Oh ya…usai membaca buku bersama, selanjutnya secara acak para pelajar ini diminta untuk menceritakan kembali isi buku yang telah dibacanya. Ini untuk melihat sejauh mana pemahaman mereka. Bukan hanya itu saja. Untuk membangkitkan semangat belajar para pelajar, mereka juga diminta untuk menuliskan cita-cita mereka pada sebuah kertas lalu kertas tersebut dimasukkan ke dalam balon. Berikutnya balon-balon tersebut dilepaskan ke udara. Hal ini sebagai simbol bahwa para pelajar di Kota Batu harus mempunyai mimpi atau cita-cita setinggi mungkin.

Diharapkan melalui aksi seperti ini, nantinya minat baca para pelajar dan masyarakat Kota Batu khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya, bisa semakin meningkat. Pencanangan Kota Batu menjadi kota literasi ini, ternyata juga mendapat apresiasi positif.

Sebelumnya, ribuan pelajar dan guru se Kota Batu mengikuti pawai literasi. Mereka menyusuri jalan protokol mulai dari perempatan selecta hingga Balaikota Batu.

Hasan Syamsuri / Prisca ATV


  • #gebyar #literasi #2018

Terkini