TANAH LONGSOR DOMINASI BENCANA DI KOTA BATU SELAMA 2017

Eka Aprilia Nurcahyani 05 Jan 2018 sosial

Meski tidak ada bencana yang besar, namun dari hasil catatan BPBD Kota Batu, selama tahun 2017 ada 114 kejadian bencana terjadi di Kota Batu. Total kejadian tersebut terbagi dari 101 kejadian bencana dan 13 kejadian situasi darurat non bencana.

Sekretaris BPBD Kota Batu, Agung Sedayu, mengatakan rincian kejadian bencana tersebut terdiri dari banjir 20 kejadian, tanah longsor 22 kejadian, kebakaran hutan dan lahan 2 kejadian, banjir dan tanah longsor 2 kejadian, tanah ambles 3 kejadian, kebakaran rumah 10 kejadian, pohon tumbang 21 kejadian, dahan patah 8 kejadian, plengsengan ambrol 13 kejadian.

Dampak yang ditimbulkan akibat bencana selama tahun 2017, tercatat 2 orang meninggal, 12  orang luka - luka dan 9 orang mengungsi dan menderita. Kerusakan fisik akibat bencana meliputi 24 unit rumah rusak, kerusakan infrastruktur 29 dan ekonomi produktif 8.

Dari 3 kecamatan yang ada di Kota Batu, Kecamatan Batu terdampak paling banyak bencana dengan 61 kejadian. Kecamatan Junrejo 20 kejadian dan Kecamatan Bumiaji sebanyak 33 kejadian bencana.

Lebih lanjut BPBD Kota Batu juga mengingatkan terjadinya bencana selain karena faktor alam, faktor manusia turut mempengaruhi. Keadaan geografis yang didominasi daerah pegunungan  memungkinkan terjadi banyak bencana tanah longsor. Untuk itu BPBD menghimbau agar warga harus siap menghadapi bencana.

 

Ary Punka Aji, atv, Kota Wisata Batu


  • sosial

Terkini