Terjaring OPS Zebra Pelajar Diminta Menghafal Pancasila

Prisca 07 Nov 2018 sosial

Kabupaten Malang-Polisi menggelar razia kendaraan bermotor, di Jalan Raya Talangagung, Kepanjen, Kabupaten Malang, Senin sore. Hasilnya, ratusan pengendara kendaraan roda dua maupun roda empat terjaring razia dalam operasi zebra 2018. Sejumlah pengendara nampak berbalik arah untuk menghindari razia. Selain kelengkapan surat-surat kendaraan. Polisi juga menertibkanaksesoris mobil yang tidak sesuai aturan.

Pria yang mengaku bekerja sebagai PNS di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Kabupaten Malang ini harus merelakan perangkat sirine dan rotator yang ada dalam mobil disita petugas. Pemilik mobil bersirine dan rotator tak mempermasalahkan irantirotator disita petugas. Dirinya mengaku hanya ikut-ikutan komunitas mobil perihal penggunaan rotator.

Sementara itu, untuk efek jera pada pengendara pelajar yang tak mempunyai surat ijin mengemudi, petugas menghukum dengan melafalkan Pancasila dan bernyanyi Indonesia Raya. Meski terbata bata namun para pelajar sukses melafalkan Pancasila dan bernyanyi lagu Indonesia Raya. Ini salah satu upaya petugas untuk menumbuhkan nasionalisme pada pelanggar pelajar. Dalam razia ini polisi menjaring 111 pelanggar, yang kebanyakan merupakan pelanggar tak memiliki SIM dan dibawah umur.

Huda Prastoto / Prisca ATV


  • #operasi #zebra #2018

Terkini