ALI SUKOCO TERUS TERBANG DI USIA SENJA

admin utama 09 Sep 2019 olahraga

Kota Wisata Batu - Olahraga dirgantara paralayang telah berkembang begitu pesat di wilayah malang raya khususnya di kota batu. maka tak heran jika malang raya menjadi salah satu daerah di nusantara/ yang banyak melahirkan atlet-atlet paralayang profesional dengan berprestasi membanggakan. bukan hanya di tingkat nasional/ melainkan juga di tingkat internasional atau dunia.

Stok atlet paralayang dari malang raya memang tergolong komplet. dari yang masih terjun di kelas yunior sampai senior ada. bahkan yang sudah berhasil memegang predikat juara dunia pun juga ada. salah satu atlet paralayang yang berprestasi itu adalah ali sukoco. memiliki background sebagai guru di smk negeri 1 singosari tak membuat ali sukoco patah arang untuk menggeluti olahraga paralayang.

Mulai menyukai olahraga dirgantara sejak tahun 1973 saat usianya sudah menginjak 45 tahun tak membuat ali sukoco rendah diri. Ia awalnya tertarik ikut dalam olahraga terjun paying. Baru pada tahun 1995 ali sukoco mulai beralih ke olaraga paralayang/ seiring dengan semakin berkembangnya olahraga ekstrem tersebut. Kini ali sukoco sudah menjalani olahraga paralayang selama 17 tahun.

Ketekunan dan keuletan ali sukoco pun berbuah manis. Ia akhirnya mendapat kesempatan untuk menjadi atlet paralayang profesional atau atlet nasional. ahkan sudah empat gelaran pekan olahraga nasional (pon) pernah ia ikuti. Beberapa gelar juara nasional pun juga telah ia raih. Khususnya juara untuk kategori akurasi (ketepatan mendarat).

Bahkan di usianya yang sudah 62 tahun ali masih menjadi pemegang juara pertama pada periode tiga tahun terakhir. Terutama di kategori akurasi (ketepatan mendarat) untuk kelas master atau veteran/ yaitu kelas khusus yang dipertandingkan hanya untuk para mantan atlet atau para atlet dengan usia diatas 50 tahun.

Di mata para penggila olahraga ekstrem ini ali sukoco dikenal sebagai sosok pribadi yang menyenangkan, supel dan mudah bergaul dengan semua atlet dari lintas usia. Sosoknya yang sabra, santun dan humoris membuatnya mudah diterima oleh semua kalangan dan sangat disegani.

Selain masih eksis sebagai atlet paralayang ali sukoco kini juga menjadi satu dari belasan pilot tandem paralayang di kawasan gunung banyak kota batu. Bukan hanya wisatawan lokal saja yang pernah terbang tandem bersamanya. Wisatawan mancanegara dari china, hongkong, arab Saudi, singapura, Malaysia, brunei, jepang, belanda, inggris dan india pernah ia dampingi untuk berpetualang di langit kota batu.

 

Hasan syamsuri/ Bella Salsabil – Agropolitan Televisi


  • #olahraga #paralayang

Terkini