Mara Patagonia, Satwa Langka dari Argentina

Eka Aprilia Nurcahyani 04 Jan 2018 pariwisata

Kepalanya mirip kelinci, tapi badannya mirip kancil, sedangkan kakinya mirip kaki kanguru. Perkenalkan… hewan unik ini adalah Mara Patagonia yang berasal dari Argentina bagian Selatan.

Mara Patagonia atau Dolichotis Patagonum ini merupakan hewan dari keluarga Caviidae, yang mampu berlari dengan kecepatan hingga 48 kilometer per jam dan melompat hingga dua meter tingginya.

Di negara asalnya, Mara Patagonia merupakan hewan herbivora penghuni padang rumput. Mara Patagonia merupakan hewan pengerat terbesar ke 4 di dunia setelah landak, berang-berang dan capybara.

Berbeda dengan hewan pengerat lainnya, Mara Patagonia lebih aktif di siang hari untuk mencari makanan. Saat sudah kenyang, hewan ini suka berjemur di bawah sinar matahari.

Di habitat aslinya, Mara Patagonia suka hidup secara berkelompok. Dengan cara tersebut, para pemangsanya akan kesulitan untuk memburu mereka.

Di Argentina, satwa ini sering diburu oleh hewan carnivora dan manusia karena punya nilai ekonomis. Kulitnya biasa diambil untuk digunakan sebagai bahan pembuatan seprai dan juga karpet.

Sebab itu Uni Internasional untuk konservasi alam atau International Union for Conservation of Nature and Natural Resources (IUCN), memasukkan hewan ini dalam status mendekati terancam punah.

 

Hasan Syamsuri, atv, Kota Batu


  • pariwisata

Terkini