BARU DIKUKUHKAN FKUB LAUNCHING DESA SADAR KERUKUNAN UMAT BERAGAMA

admin utama 02 Dec 2019 sosial

pengukuhan pengurus dan anggota forum kerukunan umat beragama(fkubkota batu masa kepengurusan 2019-2024, digelar di gedung karta rajasa aula vihara dhamma dipa arama desa mojorejo kecmaatan junrejo kota batu. uniknya seluruh pengurus dan anggota bersama walikota dan wakil walikota hadir ke lokasi dengan dikawal barongsai, yang membuat suasana jadi semarak.

 

            penampilan tari bali yang ditampilkan oleh komunitas agama hindu di kota batu mengawali prosesi pengukuhan pengurus dan anggota fkub kota batu.

 

            pengukuhan sendiri berlangsung khidmad dengan dipimpin langsung oleh walikota batu dewanti rumpoko.

 

            pengukuhan forum lintas agama di kota batu, yang diharapkan jadi wadah kerukunan umat beragama di kota batu ini. ditandai dengan peluncuran  desa sadar kerukunan umat beragama di rukun warga (rw) 06, desa mojorejo, kecamatan junrejo kota batu. yang di lambangkan lewat pendatanganan prasasti oleh walikota , wakil walikota dan ketua fkub kota batu.

 

            wali kota batu dra hj dewanti rumpoko msi mengatakan bersyukur bahwa sejak dahulu kota batu memiliki kehidupan yang rukun dalam bermasyarakat dan beragama.masyarakat batu sudah jauh dewasa dalam menyikapi perbedaan dalam kehidupan bermasyarakat, berpolitik dan beragama sehingga ketika daerah lain banyak isu sara dan perpecahan berlatar agama, di kota batu tidak terjadi. walikota juga merespon baik peluncuran kampung sadar desa sadar kerukunan umat beragama di rukun warga (rw) 06, desa mojorejo. yang mungkin bisa dikembangkan menjadi potensi wisata di kota batu.

 

 

            sementara itu ketua fkub kota batu yang baru dilantik rubai mengatakan sengaja melaunching esa sadar kerukunan umat beragama guna memacu kesadaran untuk tetap menjaga kerukunan umat beragama. wilayah rukun warga (rw) 06, desa mojorejo ditetapkan fkub sebagai desa sadar kerukunan umat beragama dikarenakan memiliki tiga indikator yang menunjukkan bahwa betapa warga di rw ini sangat kuat dalam toleransi beragamanya, antara lain memiliki data umat beragama, kedua memiliki data tentang rumah ibadah, minimal ada tiga tempat ibadah berbeda agama ada ditempat ini, ketiga kawasan ini minim konflik dan harmonis, sehingga layak diberikan anugerah desa sadar kerukunan umat beragama.

 

            lebih lanjut ketua fkub rubai mengatakan pengurus baru fkub akan merancang beberapa program untuk meningkatkan kerukunan umat beragama. kerukunan tidak perlu dipaksakan pada semua umat beragama, karena itu muncul dari kesadaran umat, sehingga mereka merasa kerukunan itu sebuah kebutuhan.

 

            ary punka aji / kharisma / atv kota wisata batu


  • # KERUKUNANUMATBERAGAMA

Terkini