PERBURUAN LUTUNG JAWA MULAI BERKURANG

admin utama 09 Sep 2019 sosial

Menjadi satu-satunya pusat karantina dan rehabilitasi satwa dilindungi yaitu lutung jawa keberadaan javan langur center (jlc) coban talun di desa tulungrejo kecamatan bumiaji kota batu memang sangat vital perannya terhadap upaya konservasi lutung jawa. Khususnya di wilayah jawa timur yang merupakan habitat asli lutung jawa.

Hadir di kota batu sejak 2011 jlc coban talun telah banyak melakukan tindakan hebat berupa penanganan rehabilitasi terhadap puluhan lutung jawa. aik yang didapatkan dari hasil penyerahan warga/ maupun dari hasil operasi dan penyitaan oleh petugas bbksd jawa timur bahakan banyak diantaranya telah kembali dilepasliarkan ke habitat aslinya.

Terhitung sejak 2012 the aspinall foundation indonesia program selaku pemilik jlc coban talun telah melakukan 15 kali pelepasliaran lutung jawa sebanyak 84 ekor. 23 ekor diantaranya dilepasliarkan di hutan coban talun dan 61 ekor lainnya di hutan lindung kondang merak kabupaten malang.

Dari hasil monitoring rutin lutung jawa yang telah dilepasliarkan itu mampu bertahan hidup dengan baik. Bahkan sebagian telah berkembang biak dan sebagian bergabung dengan populasi liar di habitat barunya. Pada penghitungan populasi awal di hutan kondang merak tahun 2010-2014 hanya ditemukan 53 ekor lutung jawa. Tapi pada 2018 sudah jadi 146 ekor.

Atas kerja kerasnya tersebut pihak bbksda jawa timur pun memberi apresiasi positif. jlc coban talun bahkan dianggap telah berperan cukup besar terhadap keberlangsungan hidup lutung jawa di wilayah jawa timur. jlc coban talun juga telah banyak membantu pihak bbksda jawa timur dalam mengurangi aksi perburuan lutung jawa.

Project manager the aspinall foundation indonesia program iwan kurniawan berharap masyarakat jawa timur ikut berperan aktif dalam melawan perburuan lutung jawa. sebab meski sudah berkurang namun perburuan lutung jawa masih terjadi. Kkhususnya di wilayah tapal kuda seperti di jember, probolinggo, situbondo hingga banyuwangi.

Setelah dilakukan pelepasliaran terhadap enam lutung jawa di hutan coban talun pada akhir pekan lalu kini jumlah lutung jawa yang masih menghuni jlc coban talun tinggal 26 ekor.

 

Hasan syamsuri / Bella Salsabil – Agropolitan Televisi


  • #satwadilindungi #lutungjawa #jlc #javalangurcenter #cobantalun #kwb #atv

Terkini