SATU SURO RATUSAN BENDA PUSAKA DIJAMAS

admin utama 05 Sep 2019 sosial

Kota Wisata Batu - Ratusan benda pusaka dari berbagai jenis mulai dari keris, tombak hingga pedang di jamas atau dimandikan secara massal di Dusun banaran Desa Bumiaji Kota Batu minggu pagi.

Bahan yang digunakan menjamas bebas dari bahan kimia. Semua alami seperti jeruk nipis, blimbing wuluh, mengkudu, bunga mawar dan air kelapa. Semua dicampur jadi ramuan khusus di dalam sebuah periuk.

Bahan alami ini memiliki tingkat keasaman yang rendah sehingga sangat aman bisa merontokkan kotoran yang menempel di pusaka serta diyakini bisa memperlambat proses karat (korosi) pada benda pusaka.

Setelah itu ada proses tayuh atau mengidentifikasi benda pusaka untuk mengetahui asal usul benda pusaka tersebut. Proses tayuh ini dilakukan dengan cara semacam meditasi supranatural.

Setelah proses tayuh selesai selanjutnya dilakukan proses shidikoro atau penyegaran benda pusaka. Tujuannya adalah untuk membuat benda pusaka terlihat lebih segar dan nampak pamornya.

Ritualamasan tosan aji  ini sudah dilakukan mulai tujuh tahun lalu. Sejak saat itu para pecinta benda pusaka di malangraya dan sekitarnya, selalu datang untuk mengikuti ritual penyucian benda pusakanya.

Ritual jamasan ini merupakan bagian dari upaya untuk menjaga serta menghargai keberadaan benda-benda pusaka tersebut. Sekaligus juga untuk melestarikan kebudayaan masyarakat khususnya suku jawa.

Menurut KH. Mukhammad Musyrifin, penjamasan ini merupakan bentuk penghargaan terhadap peninggalan para leluhur dengan cara merawat pusaka agar tidak rusak serta agar pamornya tidak hilang.

Mengingat benda-benda pusaka tersebut kebanyakan sudah berusia ratusan tahun. Bahkan sebagian ada yang berasal dari zaman kerajaan medang kamulan, singosari, majapahit, demak dan lainnya.

Bersamaan dilakukannya ritual jamasan, biasanya telah disediakan bubur suro. Bagi masyarakat jawa, bubur suro bermakna rasa syukur. Sebab itu bubur suro ini bukanlah untuk sesajen. Melainkan untuk dinikmati bersama oleh para penjamas maupun para pemilik benda pusaka.

Hasan Syamsuri / Bella Salsabil – Agropolitan Televisi


  • #satusuro #jamasan #bendapusaka

Terkini